Kamis, 17 Juni 2010

BONAMANA

Super Junior resmi merilis album keempat mereka, BONAMANA. CD rekaman lagu title Minah dan 11 lagu lainnya disertai dengan making mv. Biasanya taktik penjualan semacam iniang takkan merugikan perusahaan, tapi dipandang terlalu mahal bagi para pembeli sehingga tidak begitu laris. Tetapi bagi SUJU, album semacam itu mewakili mereka dan berfungsi sebagai faktor penting bagi mereka menjadi Raja Album Asia. Saat grup itu terbentuk, mereka mengandalkan kemampuan bernyanyi, bakat dan faktor lain untuk dipilih untuk menjadi band serba bisa sehingga menjadi sukses.
Faktor pendukung adalah kerja keras semua member bahkan mereka bersedia menerima kritik negative. Tahun 2009 saat merilis album SORRY SORRY, penjualan album melebih 250 ribu copy. Mereka tak hanya menciptakan gelombang panas SORRY SORRY di Korea, tapi juga di Asia. Bahkan mereka sukses tur konser Super Show 2. Meskipun perjalanan itu sulit, SUJU sudah bertahan selama 5 tahun. Setelah debut 5 tahun yang lalu mereka menjadi salah satu boy band Korea yang paling popular di Asia. Melalui kegiatan di seluruh dunia, mereka juga mendapat reputasi “paling bisa dipromosikan”.
Dikenal                       :   SJ, SuJu
Asal                              :   Seoul, Korea Selatan
Kategori                     :   POP, Dance, R&B, Trot
Aktif                            :   2005-Sekarang
Manajemen             : SM, Avex, Rhythm Zone
Sub Grup                   : Super Junior K.R.Y, Super Junior T, Super Junior M, Super Junior Happy
Website                     : http://superjunior.smtown.com
Member                    : Leeteuk (Leader), Heechul, Han Geng (mengundurkan diri), Yesung, Kang-In (Wajib Militer), Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum (lebih focus ke dunia akting), Kyuhyun
NB : Saat comeback Mei 2010 – Super Junior hanya dengan 10 member

Juli 2010  ALBUM REPACKAGED ! NO OTHER SIAP MERAJAI TANGGA LAGU
Usai menaklukan tangga lagu KBS Music Bank selama 3 minggu berturut-turut di bulan Juni, dengan memenangkan Triple Crown di SBS Popular Song, dan menaklukkan berbagai tangga musik yang lain dengan tangga lagu BONAMANA , Super Junior kembali merilis album repackaged ke-4 pada tanggal 28 Juni lalu. Bonamana versi repackage sendiri dirilis pada 28 Juni termasuk di dalamnya ada lagu NO ONE. Foto diatas adalah poster promo untuk NO OTHER  yang dirilis oleh SM Entertainment. Hampir tidak ada yang spesial di poster promo tersebut (siapa bilang? Buatku SuJu tetap spesial ). Masih dengan 10 member, Super Junio tampil dengan kostum kasual bernuansa hitam putih. Album Bonamana repackage berisi 15 lagu, yaitu 11 lagu dari album BONAMANA (BonaMana, Boom Boom, Congratulation, Your Eyes, My Only Girl, My All Is In You, Shake It Up, In My Dream, One Fine Spring Day Good Person, Here We Go) dan 4 lagu baru, yaitu No Other, All My Heart, A Shourt Journey, Shake It Up (remix). Di album ini Super Junior juga berkolaborasi dengan Chance, leader grup One Way. Beberapa waktu lalu Dong Hae sempat memposting fotonya bersama Chance di situs Twitter miliknya “Saya baru saja diminta SM Entertainment untuk bekerja sama membuatkan lagu remix album repackage Super Junior,”kata Chance.
TEMBANG DANCE K-POP
Lagu No Other dipersiapkan untuk melanjutkan dominasi lagu BONAMANA. Kalau kamu udah ngedengerin lagu dance pop ini juga mengandung irama beat trendi yang berbasis pada yang berbasis pada hip-hop dan synth riff. Melodi elegan lagu ini diciptakan oleh komponis dari New York, seperti C-2, Ryan Jhun, dan Reefa. Mereka telah menghasilkan artis-artis besar hip-hop seperti The Game, Fabolus,  dan Ludascris. Dikombinasikan dengan lirik yang dibuat oleh Kenzie, secara eksplisit mengungkapkan rasa cinta terhadap sang kekasih.

DUA LAGU KARANGAN SUJU
All My Heart merupakan sebuah ballad balada yang digubah oleh Lee Teuk (leader SuJu) dan Henry (member Super Junior-M). Lagu ini menyampaikan dan memberikan sensasi perasaan hati yang hangat sama seperti judul lagunya, nada lagu yang lembut dan pop hanya diiringi dengan gitar akustik saja. Lee Teuk juga berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini ditengah jadwal yang yang lumayan sibuk. Lee Teuk penuh semangat demi lagu pertama ciptaannya sendri memberikan kontribusi menyempurnakan lagu tersebut.
Lagu lainnya adalah A Short Journey. Lagu ini liriknya dibuat oleh Eun Hyuk dan Dong Hae.  A Short Journey diciptakan melalui persahabatan dan ikatan antara dua member SuJu ini. Refrainnya yang sederhana dan diulang serta melodi yang menggunakan berbagai skala memberikan perasaan menyegarkan kepada pendengar. Selain itu banyak antisipasi dan tanggapan dari fans yang diharapkan karena Kang In, yang akan menjalani wajib militer, ikut serta dalam menyanyikan A Short Journey dengan vocal yang lebih dewasa. Album ini juga berisikan versi remix Shake It Up  dari album regular. Lagu ini di remix dengan irama campuran Euro-pop dan hip-hop menjadi salah satu gaya musik SuJu.

SUPER JUNIOR TAKKAN MEMBUAT GRUP BUBAR
Super Junior, grup super Korea yang didirikan tahun 2005 memiliki beberapa perubahan besar pada jajaran anggotanya pada tahun lalu. Namun ulang tahun kelima grup ini sepertinya akan menjadi salah satu kesuksesan mereka, yang merupakan salah satu boy band  terbanyak anggotanya di dunia (sebelum 20 Stars muncul).
Bulan Mei lalu, saat SuJu merilis album keempat mereka, dan terjual 100 ribu copy pada minggu pertama setelah dirilis 13 April. Para pengamat industri musik berharap album BONAMANA akan melampaui rekor penjualan album ketiga grup itu, SORRY SORRY. Album Sorry Sorry berhasil terjual 250 ribu copy dan menduduki puncak penjualan album saat dirilis pada bulan Maret tahun 2009 lalu.
Pada saat grup-grup lain menghindari format CD dan lebih mendukung album mini, album digital dan album spesial jenis lainnya, gebrakan yang dilakukan Super Junior cukup bagus.
Meskipun keberhasilan yang mereka raih, Super Junior harus berjuang keras tahun ini. Tiga member grup, HanGeng, Kangin dan Kibum meninggalkan SuJu selama periode rekaman album ke-4. Di tahun mendatang, grup ini menghadapi tantangan baru, dengan masalah perkawinan dan wajib militer yang membayang diantara membernya.
Dalam sebuah wawancara baru-baru ini denga 10 dari 13 member berkomitmen untuk tinggal bersama selama tahun-tahun mendatang, tak peduli apapun yang terjadi.

MAKIN DEKAT & KOMPAK
Tahun 2009 lalu adalah tahun yang penuh cobaan bagi SuJu. Masalah besar datang bertubi-tubi, mulai dari keputusan Ki Bum untuk lebih fokus di dunia akting daripada music, kemudan Kang In yang terlibat beberapa kasus sehingga karirnya dipetieskan manajemen SME, hingga HanKyung yang menuntut SME karena masalah kontrak. Saat itu SuJu mengalami masa yang sulit sebagai grup. Masing-masing member sibuk dengan kegiatan masing-masing. Untungnya, masa sulit itu berhasil mereka lalui bersama. Pembuatan album Bonamana merupakan titik balik hubungan antar member SuJu kembali erat. Dari awalnya kurang dekat di antara beberapa member, kini semuanya menjadi sahabat dan menjadi tempat curhat satu sama lain. Selama proses produksi album Bonamana, hubungan para member semakin erat.
“Setelah melalui berbagai peristiwa, sekarang kami semakin dekat satu sama lain. Kami dapat merasakan arti kehadiran setiap member dalam grup,” kata Leeteuk dengan bijaksana. Heechul yang duduk tidak jauh dari Leeteuk ikut menimpali, “Hikmah yang aku dapat dari semua kejadian ini adalah kami harus memperlakukan semua member dengan baik selama mereka bersama kita. Kami bisa merasakan betapa berartinya mereka di grup ini”.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar