Selasa, 09 November 2010

Seleb Dikritik karena Mendapat Perlakuan Khusus di Kampus

Karena banyaknya berita mengenai selebriti yang diterima di universits, kini muncul kontroversi tidak hanya mengenai bagaimana mereka bisa diterima, namun juga standar sekolah.

Bukannya mendapat ucapan selamat, namun kritik muncul akibat adanya ketidakadilan dan perlakuan yang bias kepada seleb.

Artis yang baru-baru ini diterima adalah Go Ah Sung dan Goo Hye Sun di Sungkyunkwan University, Wonder Girls Sunmi, 4minute Gayoon, dan model Kim Ji Won di Dong Kuk University.

Laporan-laporan mengatakan kalau mereka masuk universitas lewat tes khusus, yang memungkinkan selebriti kuliah sebagai selebriti, masalah ini menyebabkan tidak hanya murid, namun juga orangtua murid dan masyarakat biasa mengekspresikan kemarahan terhadap perlakuan yang bias ini.

Seleb diberikan perlakuan khusus agar bisa bertukar promosi dengan sekolah itu. Sudah banyak yang mulai bertanya-tanya bagaimana bakat selebriti bisa dibandingkan dengan usaha murid normal selama bertahun-tahun yang menaruh harapan agar bisa masuk kuliah.

Bagian dari masalah ini juga mengenai seleb yang diterima di universitas terkemuka padahal tak ada yang bisa dilakukan dengan ‘bakat istimewa’ mereka di sana.

Go Ah Sung baru-baru ini terkena kontroversi setelah diterima di Sungkyunkwan University dengan diberikan perlakuan khusus karena dia punya bakat akting. Netizen mengetahui bahwa dia ada di jurusan hubungan sosial, dan banyak yang bertanya-tanya bagaimana dia bisa masuk ke jurusan itu padahal tidak punya bakat untuk hal tersebut.

S.E.S Eugene masuk ke Koryeo University mengambil jurusan Budaya Barat di tahun 2000, Dana masuk Hankuk University of Foreign Studies jurusan bahasa China tahun 2004, dan Moon Geun Young masuk ke Sungkyunkwan University di jurusan Sastra Korea tahun 2005. Masing-masing seleb ini dipertanyakan apakah mereka diberikan perlakuan istimewa karena status dan talenta, namun mereka mengaku diterima di universitas sama sekali tidak ada hubungannya dengan bakat.

Siswa yang sekarang sedang belajar untuk ujian masuk mengekspresikan perasaan kalau mereka sedang dicurangi, dan marah karena kursi mereka dicuri padahal sudah belajar sungguh-sungguh dan bekerja keras. Salah satunya bertanya, “Kenapa artis yang diterima di sekolah karena bakat menyanyi juga diterima di jurusan yang tidak ada hubungannya?”

Bagian akhir kontroversi ini adalah kelakuan seleb di sekolah. Mereka mengakui, seleb diberi julukan ‘murid hantu’ (ngeri amat namanya), karena tak pernah muncul di kelas namun menyandang status murid/seleb rajin.

Karena masalah ini, berita-berita mengenai seleb yang masuk kuliah tidak begitu dianggap positif oleh publik, dan seringnya dijadikan target kritik, dan menimbulkan pertanyaan perlakuan istimewa apa yang pernah mereka dapatkan.

Netizen berkomentar, “Sunmi meninggalkan Wonder Girls karena dia ingin belajar. Kenapa dia memakai status selebritinya dan bantuan khusus sekolah agar diterima?”, “Tidak akan terjadi masalah kalau mereka setidaknya pernah muncul di kelas,” “Mereka seharusnya menunggu sampai siap masuk kuliah,” “Berhenti mencuri bangku dari murid-murid kompeten,” “Bebas wamil tak cukup juga, dan sekarang mereka bisa sesukanya untuk kuliah.”

Netizen lain menukas, “Berapa besar usaha yang telah mereka lakukan? Mereka mempertaruhkan hidup dan masa depan dengan memilih jalan mereka. Apa itu tidak sebanding dengan usaha yang murid-murid lain lakukan?”

Bagaimana menurut kalian sendiri?

cre:koreanindo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar